Upaya Yang Bisa Dilakukan Agar Ban Memiliki Umur Yang panjang

Ban merupakan komponen penting dalam mobil. Karena ban adalah satu-satunya penghubung antara mobil dan aspal, hanya dengan kartu nama untuk setiap roda. Ban juga memainkan peran penting dalam mengoptimalkan daya yang dipasok dari mesin. Jadi bagaimana cara merawatnya?

Baca juga : Listening IELTS, IELTS Writing dan Speaking IELTS
“Yang paling penting adalah tekanan angin, saya sarankan setidaknya dua minggu untuk memeriksa,” kata Eddy Thandian, pemilik AUTOPLUS.
Penggunaan gas nitrogen juga merupakan salah satu cara untuk merawat ban agar tetap prima. Karena mengisi ban dengan gas nitrogen memiliki banyak kelebihan. Tidak hanya ban yang dingin meskipun mereka terus meluncur di sepanjang jalan, nitrogen juga mencegah erosi karena kurangnya kelembaban internal.
Perawatan selanjutnya adalah memutar ban dan menyeimbangkan dengan jarak 5 ribu kilometer. Perawatan ini tidak hanya bertujuan menjaga keseimbangan permukaan ban, tetapi juga performa untuk menjadi prima.
“Setiap 10 ribu kilometer harus spooring, tetapi jika tidak ada keluhan, penggunaan ban dan kondisi jalan akan bervariasi, jika ada keluhan bisa lebih cepat dari itu,” kata Eddy.

Tembok Ban Hancur Tidak sampai Air Keras, tapi …
Beberapa hari, banyak informasi didistribusikan melalui siaran dalam grup percakapan aplikasi, yang berhubungan dengan mode air keras yang ditempatkan dalam botol plastik. Ketika botol dihancurkan oleh mobil, ban akan rusak karena terkena air keras.
Dalam foto yang juga tersebar di siaran, kerusakan ban yang disebabkan oleh air keras itu buruk, dengan dinding robek rusak dan hancur.
Lalu, benar-benar air yang keras dapat menyebabkan kerusakan parah pada ban?
Zulpata Zaenal, Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, mengatakan bahwa air keras dapat merusak ban, tetapi hanya daerah yang terkena dampak. Namun, jika Anda melihat gambar yang tersebar, dinding ban rusak, tetapi bunga ban masih halus.
“Jika kita melihat kerusakan, itu bukan karena cairan kimia,” kata Zulpata, Selasa (17/10/2017), ketika ban putus, istilah bleedingCBU (Cord Broken Up).
Usahakan pria ramah ini, ketika tekanan angin di ban rendah dan terus jalan, maka dinding ban akan habis. Akibatnya, karet terguncang dan benang ban akan patah.
“Jika ada botol berisi air keras, itu harus direndam, dan gambarnya sangat halus, air keras tidak boleh diletakkan dalam botol plastik biasa, sebaiknya botol kaca atau botol plastik khusus,” katanya.